Minggu, 13 Februari 2011

Diskusi Mengenai Islam & Kekerasan

Suatu hal yang menarik ketika teman saya ingin mengetahui dan mengajak berdiskusi tentang agama lebih mendalam… Berikut ada beberapa pertanyaan yang ditanyakannya…
Apakah Islam identik dengan kekerasan?
Apakah memang diajarkan untuk melakukan kekerasan?
Untuk itu saya akan membahasnya lebih lanjut dan menjelaskannya secara halus kepadanya…
Islam merupakan agama yang cinta akan perdamaian. Allah sebagai pencipta alam semesta memiliki sifat Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, maka wahyu yang diturunkannya pun mengajarkan akan kebaikan, kasih sayang dan cinta akan perdamaian. Jadi jika islam diidentikkan dengan kekerasan itu salah, karena islam mengajarkan tentang kasih sayang dan perdamaian.
Namun islam mengajarkan suatu ketegasan yang menyangkut akan beberapa masalah yang menyimpang dan diangap salah oleh agama, seperti yang tertera di dalam Al-Quran dan Al-Hadist mengenai minuman keras, berbuat zinah, membunuh dan banyak lagi yang lainnya. Dan disetiap agama pun pasti melarangnya.
Pada umumnya setiap agama itu mengajarkan akan kebaikan bukan kekerasan. Pada dasarnya kekerasan yang ada itu biasanya timbul dari adanya rasa bahwa dirinya paling benar dari yang lain atau adanya rasa dari hawa nafsu karena adanya provokasi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan membawa-bawa nama agama.
 Dia bertanya lagi, ”lalu mengapa dibeberapa daerah terjadi kekerasan dan perusakan dalam mengatasi masalah perjudian maupun tempat-tempat prostitusi?”
Lalu saya menjelaskannya lagi, bahwa sesungguhnya mereka yang melakukan perusakan itu sebelumnya telah bekerja sama dengan polisi untuk melakukan perjanjian bahwa selama di bulan suci Ramadhan kegiatan tersebut harus ditiadakan. Namun mereka tidak mengindahkan perjanjian tersebut dan tetap beroprasi seperti biasanya, maka suatu ormas agama pun mengambil sikap tegas untuk melakukan tindakan agar usaha tersebut berhenti yang salah satu caranya yaitu dengan melakukan kerusakan terhadap tempat tersebut.
Mereka pun telah melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diajarkan di dalam agama, yaitu dalam hal mengenai bersikap dalam melawan kebatilan/hal yang tidak di sukai agama yakni dengan hal yang paling dasar yaitu dengan lisan yang berarti menegur dan melakukan perjanjian bahwa tidak mengulangi hal tersebut. Namun jika masih dilanggar dan mengulangi hal tersebut, maka agama pun menganjurkan agar bersikap atau mengambil sikap dengan melakukan pelarangan dengan perbuatan tegas. Jika masih beroprasi juga maka biarkanlah azab Allah yang akan melaknat semua yang ada dan ikut di dalam kegiatan dan tempat prostitusi tersebut.
Jadi semua itu bukan semata melakukan tindak kekerasan, melainkan melakukan tindakan tegas terhadap masalah yang tidak sesuai dengan agama. Bahkan di dalam film “My Name Is Khan” dibahas mengenai seorang Doktor yang sedang berusaha menghasut warga islam di Amerika agar berjihad dengan melakukan suatu kekerasan yakni dengan melakukan bom bunuh diri.. namun Khan menyanggah semua yang disampaikan Doctor tersebut bahwa Islam mengajarkan perdamaian bukan kekerasan. Dan hal-hal yang menghasut untuk melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan hanyalah setan…

Sekian dulu cerita mengenai diskusi saya yang akan di lanjutkan di lain kesempatan dengan tema berbeda…

Posted by : Dwi Septiandika (25209336)
Class : 2EB07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar