Kamis, 26 April 2012

RESENSI BUKU EKONOMI


Judul Buku : Management Accounting
Penulis : Hansen & Mowen
Penerbit : Salemba Empat
Cetakan : Edisi 7, 2004
Tebal : xx + 572 halaman
Buku adalah hal penting yang harus kita perhatikan, segala jenis buku. Pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia”. Ini berarti bahwa buku megandung banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Dengan membaca, kita bisa mengetahui apa saja yang terjadi di dunia luar. Seperti misalnya, bila kita membaca buku ekonomi yang dikarang oleh Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen banyak sekali manfaat dalam dunia bisnis. Banyak karya yang dihasilkan mereka seperti buku yang berjudul Akuntansi Manajerial, Manajemen Biaya, Management Accounting dan banyak lagi yang lainnya.
Dikesempatan ini saya akan membahas salah satu buku yang dihasilkan oleh Don R. Hansen, Maryanne M. Mowen yaitu buku Manajemen Accounting edisi 7, yang dapat memberikan kita pengetahuan yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis!
Akuntansi Manajemen edisi ketujuh memberikan pembahasan yang mendalam atas topik-topik tradisional seperti job order costing dan process costing. Selain itu, menyajikan uraian atas topik-topik yang penting dan inovatif seperti activity based costing (ABC), quality cost management, strategic cost analysis, inventory management, selain itu membahas juga tentang pengaturan: Peran, Sejarah, dan Tujuan Akuntansi Manajemen seperti yang dibahas pada bab 1, Akuntansi Pertanggungjawaban Berdasarkan Strategi dan Aktivitas, serta masih banyak lagi pembahasan mengenai perhitungan-perhitungan yang sangat dibutuhkan dalam bidang akuntansi manajemen.
Dalam materi yang ditemukan oleh penulis mengenai ABC (activity based costing), merupakan suatu system akuntansi yang berfokus pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk dan jasa. Yang intinya yaitu Bagaimana mengalokasikan BOP sebagai komponen harga pokok produksi kepada produk dengan adil dan tepat berdasarkan aktivitasnya. Aktivitas (activity) à setiap kejadian atau transaksi yang  merupakan pemicu biaya. Pemicu biaya (cost driver) à factor penyebab (causal factor) dari biaya dikeluarkan.
Dalam ABC, harus dilakukan penelitian aktivitas apa saja yang dilakukan untuk memproduksi produk. Ketelitian penemuan aktivitas akan menyebabkan ketelitian perhitungan harga pokok produk.
Perusahan-perusahaan yang layak memakai ABC jika memenuhi syarat-syarat :
1.            Perusahaan yang padat modal (banyak gunakan mesin)
2.            Perusahaan yang memiliki difersifikasi produk
3.            Difersifikasi produk dan menggunakan fasilitas yang sama
4.            Setiap produknya memiliki proses produksi yang berbeda.
Aktivitas yang sering muncul :
  • Pengesetan mesin produksi à aktivitas penyiapan mesin-mesin pabrik untuk membuat produk baru (setiap pesanan pelanggan baru memerlukan pengesetan)
  • Inspeksi kendali mutu à aktivitas penginsepkesian produk agara sesuai dengan spesifikasi-spesifikasi yang ditetapkan.
  • Perubahan rekayasa à aktivitas pemrosesan perubahan-perubahan design atau spesifikasi proses sebuah produk
Tahap-tahap system ABC
  1. Menelusuri atau mengalokasikan biaya-biaya ke aktivitas-aktivitas à kumpulan biaya aktivitas.
  2. Kumpulan biaya aktivitas diatas, dibebankan ke produk-produk, dengan memakai pemicu biaya.
Selain itu, buku ini juga dilengkapi soal-soal, latihan, kasus, dan tugas penulisan yang akan memperluas pengetahuan dan kemampuan analisis mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar